Rabu, 02 Juni 2021

PENTINGNYA MEMILIKI KETERAMPILAN DIGITAL

Sejak pulang dari sekolah sore tadi, badan rasanya kurang fit. Seluruh persendianku terasa pegal dan kepalaku agak berat. Setiba di rumah, saya tidak langsung merebahkan badan. Saya mencoba tetap beraktivitas seperti biasa. Namun, baru saja selesai menyapu lantai di ruang tamu, saya merasa begitu capek. Saya duduk sejenak dan saya tidak kuat lagi menahan diri untuk tidak merebahkan badan. Saya demam, pemirsa.

Pada pukul 20.00 saya membaca chat dari Bu Rita di WAG bahwa malam ini ada perubahan tema. Pentingnya Digital Skill adalah tema yang sedang dibahas di WAG saat ini. Narasumbernya adalah Omjay, sang founder kelas belajar menulis bersama PGRI. Sedangkan yang bertugas sebagai moderator yaitu Bu Rita Wati.

Dari flyer yang beredar sebelumnya tercantum bahwa pada pertemuan ke-21 ini, pak Agus Sampurno yang akan menjadi narasumber. Materi yang akan dipaparkan adalah langkah kreatif dalam menulis. Namun sampai pukul 19.00 WIB, pak Agus tidak bisa dihubungi sehingga Omjay berinisiatif untuk menggantikan beliau. Tentunya ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan materi di WAG. Terima kasih, Omjay!

Seperti biasa, sebelum mempersilakan narasumber, Bu Rita membuka kegiatan secara resmi dan menyampaikan aturan selama perkuliahan. Beliau tidak lagi membagikan tentang profil narasumber sebab semua orang sudah kenal dengan Omjay. Beliau memang sudah populer, pemirsa.

Setelah Omjay memberi salam dan menyapa peserta, beliau langsung saja membagikan link materi yang akan disampaikan yakni https://wijayalabs.blogspot.com/2021/06/pentingnya-digital-skill.html. Menurut Omjay, materi ini sebenarnya akan dipaparkan pada sebuah kegiatan di Kediri, Jawa Timur. Meskipun demikian beliau bagikan ke WAG agar dapat menjadi modal menulis resume bagi peserta.
Saya sangat tertarik dengan materi malam ini. Alasannya sederhana sekali. Saya merupakan salah satu guru yang sangat awam dalam dunia digital. Saya begitu antusias jika ada orang yang berbicara tentang pentingnya menguasai keterampilan digital. 

Bagi saya, era digital adalah suatu masa yang penuh dengan kejutan dan dunia yang akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi. Dunia digital adalah sebuah situasi dan kondisi yang menawarkan berbagai kemudahan dalam menjalani hidup. Tak heran jika generasi saat ini yang dikenal dengan sebutan generasi milenial terkesan hidup santai-santai saja sebab mereka sudah akrab dengan era digitalisasi.

Ada banyak istilah dalam slide yang kurang saya pahami. Maklumlah, saya belum tahu betul apa yang dibahas. Meskipun demikian, saya tetap bersemangat mengikuti materi yang 'cukup berat' bagi saya. Saya tetap mencoba mencerna setiap kalimat yang ada di sana. Setidaknya, saya berusaha mengenal istilah-istilah tersebut sedikit demi sedikit.
Menurut Omjay, ada 5 digital skill atau keterampilan digital yang harus dimiliki saat ini. 
1. Medsos
Saat ini medsos bukan lagi hal yang baru bagi sebagian besar orang. Akan tetapi masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkan medsos dalam menjalankan tugasnya atau profesinya. Sebagai pendidik dan pembelajar, seorang guru sebaiknya memiliki keterampilan bermedsos yang dapat membantu dalam mencerdaskan peserta didiknya. Dengan demikian penggunaan medsos akan sangat bermanfaat dan akan lebih memudahkan guru dalam proses pembelajaran.

2. SEM (Search Engine Marketing)
Bagian ini lebih fokus pada teknik pemasaran digital. Era digital menawarkan kemudahan dalam melakukan promosi produk dan transaksi antara produsen dan konsumen. Dengan keterampilan SEM ini, ruang lingkup pemasaran menjadi lebih luas dan tentu saja memudahkan serta memberikan keuntungan yang lebih besar lagi bagi penggunanya.

3. Analytics
Kemampuan menganalisa informasi merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap individu saat ini. Pesatnya informasi dengan berbagai macam bentuknya begitu mudah didapatkan dan diakses melalui media apapun. Jika semua informasi yang ada diterima begitu saja tanpa adanya proses analisa terlebih dahulu, maka tentunya akan berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Maka sangat dianjurkan agar mengutamakan analisis dan filterisasi informasi sebelum membagikannya kembali ke orang lain. Saring dulu baru sharing yah, pemirsa!

Dalam hal dunia bisnis, analisis data dari internet sangat diperlukan untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Ini juga dapat dimanfaatkan dalam promosi dan penjualan buku maupun produk lainnya. 

4. Content
Jika membahas mengenai konten biasanya kita diarahkan pada postingan blog, video, podcast, ataupun status yang diunggah di media sosial. Postingan tersebut sangat mempengaruhi proses menetapkan personal branding. Semakin terampil seseorang membuat postingan akan semakin memperkuat jati dirinya dan berimbas pada karakternya di dunia maya. 
Content yang saya rintis saat ini adalah menulis di blog. Saya berharap dengan seringnya membuat tulisan di blog akan menjadi jalan untuk berbagi kebaikan kepada orang lain. Seperti halnya Omjay yang saat ini sudah dikenal sebagai guru blogger ternama di Indonesia. Beliau sudah popular dengan jargon "menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi". Inilah yang merupakan personal branding Omjay.

5. Coding
Nah, bagian ini merupakan hal yang terberat bagi generasi jaman dahulu alias jadul. Sampai saat ini saya belum paham betul tentang coding. Meskipun banyak webinar maupun workshop yang membahas tentang coding, saya masih terus mengeja dan meraba-raba tentangnya. Saya juga lupa menanyakan hal ini ke Omjay di sesi tanya-jawab. So, let's learn it together!

Di akhir pertemuan Omjay berpesan kepada seluruh peserta agar semuanya tetap belajar sepanjang hayat. Menurut beliau, tidak ada yang susah jika ingin belajar pada ahlinya. Termasuk untuk memiliki digital skill. Semuanya hanya membutuhkan latihan. Mulai dari membuat e-mail, menulis di blog, sampai pada membuat channel YouTube. Jika dilatih setiap hari maka sedikit demi sedikit keterampilan digital tersebut bisa dikuasai. Mohon doakan kami yah, pemirsa!







Waktu kegiatan: Rabu, 02 Juni 2021
Resume ke: 21
Tema: Pentingnya Digital Skill
Narasumber: Wijaya Kusumah, M. Pd.
Gelombang: 18



4 komentar:

  1. Mantap bu Sekretaris, luarbiasa tulisannya. Semoga lekas sembuh ya, keep writing👍👍

    BalasHapus
  2. Aamiin... Terima kasih doanya, Bu ketuaku yang baik hati. Ini saja saya membuat resume sambil menggigil kedinginan, Bu.

    BalasHapus
  3. Terima kasih. Coding atau computer programing adalah cara membuat program secara sederhana. Dulu org harus mengerti bahasa pemrograman untuk bisa membuat program sekarang sangat mudah sekali. Nanti omjay sampaikan di lain waktu

    BalasHapus
  4. Alhamdulillaah. Terima kasih tambahan ilmu bagi saya, Omjay. Kami tunggu materi khusus tentang coding.

    BalasHapus

JANUARI BER-HAB (Part 1)

Tahun 2021 telah meninggalkan semesta. Dia pergi dengan membawa berjuta kenangan dan warna-warni kehidupan.  Kini giliran tahun ...